Workshop Implementasi STEM dalam Pembelajaran Matematika SMP di Kota Tual

Terima kasih kami kepada Tuhan YME atas terselenggarakannya kegiatan yang kami inisiasi dan bekerjasama dengan P4TK Matematika, didukung oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tual beserta MGMP Matematika SMP Kota Tual, yaitu workshop “Implementasi STEM dalam Pembelajaran Matematika. Terima kasih kami kepada semua pihak yang telah berperan dalam terlaksananya kegiatan ini.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari, yaitu pada tanggal 19-20 Desember 2019 di SMP Alhilaal Tual. Iya, betul. Tempat pelaksanaan workshop ini berpindah dari rencana awal di SMPN 1 Tual karena adanya beberapa kegiatan pada hari yang sama di sekolah tersebut. Alhamdulillah, Kepala SMP Alhilaal Tual sangat mendukung dan memfasilitasi kami dengan sangat baik. Dengan kehangatan dan keramahan beliau beserta Guru-guru di SMP AlHilaal Tual, kami merasa sangat diterima dan dihargai. Terima kasih.

Pendekatan STEM merupakan hal baru bagi teman-teman Guru Matematika di Kota Tual. Oleh karena itu, 23 peserta workshop ini begitu antusias mengikuti semua aktifitas yang diberikan oleh ibu Dr, Sri Wulandari Danoebroto, S.Si., M.Pd (Widyaiswara P4TK Matematika).
Ada 3 aktifitas melalui model pembelajaran Problem Based Learning, model pembelajaran Project Based Learning, dan juga diperkenalkan STEAM pada workshop kali ini. Tentu saja, sebelum dimulainya aktifitas, ibu Wulan memberikan terlebih dahulu konsep dari pendekatan STEM ini.

Di akhir kegiatan, peserta diminta untuk merancang desain pembelajaran pada salah satu materi atau KD yang dipilih menggunakan pendekatan STEM, dilanjutkan dengan presentasi dan diskusi.

Kegiatan ini dimanfaatkan pula oleh teman-teman peserta untuk diskusi terkait pengalaman mereka selama ini dalam membelajarkan Matematika di kelasnya masing-masing, juga sedikit “curhat” terkait Pendidikan, dan berbagi tips dan trik dalam pembelajaran Matematika.

Kami selaku penyelenggara merasakan adanya kebermanfaatan dalam kegiatan ini. Semoga dapat diaplikasikan pada kelas masing-masing, dapat diimbaskan kembali kepada teman lainnya sehingga mampu memberikan kontribusi positif pada kompetensi anak didik di Kota Tual dan sekitarnya.

Sekali lagi, Maluku Belajar mengucapkan terima kasih kepada P4TK Matematika Yogyakarta yang telah menugaskan ibu Wulan ke Tual, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tual yang memfasilitasi tempat dan peserta, juga teman-teman MGMP Matematika SMP Kota Tual yang aktif mengumpulkan dana dan selama workshop. Terima kasih. Sampai jumpa di lain waktu dengan Pendidikan yang lebih baik dari hari ini.

Ayo, Maluku Belajar
#MalukuBelajar
#GuruPenggerak
#MGMPMatematika
#STEM
#STEAM
#PBL
#PjBL
#EDP
#Matematika
#MerdekaBelajar